Apa keunggulan produk siji

 Merek SIJI ini memiliki arti filosofi yang dalam dan kuat karena "SIJI" berasal dari bahasa Jawa yang berarti “Satu” dan diharapkan agar produk ini menjadi satu-satunya produk yang mengena di hati penikmatnya. SIJI sudah memiliki label halal pada produknya dimana untuk meyakinkan atau memuaskan konsumen akan jaminan halal serta sudah mendapatkan surat izin PIRT yakni izin yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan akan jaminan produk aman untuk dikonsumsi. Selain itu SIJI juga mendapatkan sertifikat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dan Sertifikat Hak Merek.


SIJI memproduksi Teh, Kopi dan Wedang Uwuh dengan konsep healty food yaitu Teh, Kopi dan Wedang Uwuh tidak menggunakan bahan kimia dalam pengelolaannya sehingga menjadikan Produk ini baik untuk kesehatan. Bahan baku utama produk Teh (Pucuk Daun Teh), Kopi (Kopi Arabika dan Robusta) dan Wedang Uwuh (Jahe kering, Secang, Kapulaga, Gagang cengkeh, Daun Cengkeh, Daun Kayu Manis, Daun Pala, Gula Batu Kristal)  Pada elemen customization, Produk SIJI memiliki varian ukuran kemasan diantaranya kemasan ukuran 125g (Kopi), 40g (Teh) dan 350g (wedang Uwuh). Kemasan produk didesain sendiri dan pada kemasan tersebut tercantum izin

PIRT dari dinas kesehatan, label halal, berat bersih, kode Produksi, masa kadaluwarsa, komposisi serta alamat usaha. Sehingga dengan tercantumnya informasi - informasi tersebut akan memberikan pemahaman dan menjadi nilai penting bagi konsumen.


Target penjualan pada SIJI ini berfokus kepada para pendatang atau wisatawan dari provinsi lain untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Yogyakarta. Untuk produk yang ditawarkan oleh usaha ini ialah dapat dikonsumsi oleh umur 6 – 50 tahun dengan semua umur (all genders) dengan penghasilan yang terjangkau oleh semua kalangan ekonomi atas hingga ke bawah. Namun pemilik usaha ini mempunyai keinginan agar Teh, Kopi dan Wedang Uwuh yang dibuat dapat dinikmati seluruh

masyarakat Indonesia. 


Aktivitas kunci SIJI dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu aktivitas produksi dan aktivitas jasa.

a. Aktivitas produksi

Aktivitas produksi pada SIJI dimulai dengan mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi semua produk yang ada

di SIJI. Karyawan membeli semua keperluan bahan baku dalam lima kali sebulan. Kegiatan memproduksi lakukan

setiap hari atau meyesuaika dengan orderan.

b. Aktivitas jasa

Aktivitas jasa pada SIJI yaitu melayani setiap pelanggan yang berkunjung maupun online (melalui whatsapp dan telfon) untuk membeli produk yang dijual. Selain itu, pelayanan jasa juga diberikan untuk mitra yang telah bekerja sama dengan pihak SIJI, yakni dengan mengantarkan pesanan secara langsung (COD).


Dalam menyampaikan produknya kepada konsumen, SIJI melakukan penawaran melalui (direct selling) penjualan secara langsung dengan konsumen dengan mengunjungi toko. Jadi, untuk penjualan produknya sendiri, SIJI berfokus pada toko yang telah bekerja sama dengan usaha ini. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman dan teknologi kini SIJI melakukan penjualan

secara online yaitu melalui facebook, Instagram, Google My Bisnis, Marketplace, email , WA Bisnis dan website sehingga pelanggan dapat langsung memperoleh informasi mengenai lokasi toko, kontak penjual, jadwal penjualan sehingga bisa melakukan pemesanan secara langsung sehingga mempermudah pelanggan menjangkau produk SIJI



Komentar